September 8

Clone of Kurang Percaya Diri Mengakibatkan Impostor Syndrome Dalam Pekerjaan?

0  comments

September 8, 2022  | ⏱️ min read

Pernahkah Anda merasa kesulitan untuk menumbuhkan rasa percaya diri? Merasa seperti impostor di tempat kerja, merasa canggung dan tidak nyaman dengan diri sendiri, sulit menginternalisasi keberhasilan diri karena merasa performa kinerja tidak memenuhi ekspektasi tim dan atasan. Inilah yang dinamakan impostor syndrome

Kerap kali Leader atau atasan atau bahkan teman dalam tim kita melontarkan suatu pertanyaan tetapi kita ragu untuk menjawab atau tidak berani mengutarakan karena kurang percaya diri. “Kalau aku jawab begini kira-kira benar atau tidak, ya?” atau “Aduh kalau jawabanku salah, aku takut orang-orang menjadi under estimate denganku” dan akhirnya kita berujung dengan diam.

Begitulah kira-kira yang ada di benak seorang karyawan yang masih belum memiliki rasa kepercayaan diri. Memang sedikit sulit untuk selalu feeling best setiap harinya, tak peduli sesukses apapun Anda, tetapi hal itulah yang justru harus kita tingkatkan setiap hari. Kepercayaan diri merupakan aset yang perlu dimiliki di tempat kerja. Orang yang memiliki kepercayaan diri yang besar mampu mengemban tanggung jawab yang diberikan oleh perusahaan.
Beruntungnya, kepercayaan diri adalah suatu hal yang dapat kita pelajari. Perlu diketahui bahwa kunci fundamental untuk meningkatkan kepercayaan diri adalah memahami dan percaya kepada diri sendiri, serta percaya terhadap kemampuan yang dimiliki dalam menunjang karir.

“Fake it until you make it! Act as if you had all the confidence you require until it becomes your reality.”

Anda akan dikatakan sebagai orang yang percaya diri jika Anda merasa aman dan nyaman dengan diri sendiri, bisa mengandalkan keterampilan yang Anda miliki, siap menghadapi tantangan hidup, dan selalu berpikir positif. Keyakinan dalam diri menjadi hal yang esensial karena Anda akan mampu bergerak maju dan berani mengambil peluang baik, yang akan mengantarkan taraf hidup Anda ke jenjang yang lebih tinggi. Kepercayaan diri juga menjadi modal besar bagi Anda untuk kembali bangkit dari kegagalan.

Inilah 10P alasan mengapa rasa percaya diri sangat esensial untuk kesuksesan karir dan pekerjaan Anda

1) Presence
Penampilan Anda sangat mempengaruhi, bagaimana rang lain akan menilai Anda. Tidak jarang orang yang berpenampilan kurang menarik, tidak pernah menjadi pusat perhatian. Untuk itu, cobalah mengubah style Anda, dan bergaul dengan teman kantor ataupun kuliah Anda. Dengan begitu, mereka akan aware dengan kehadiran Anda, dan memiliki banyak teman. Adapun berpenampilan rapi dan menarik, akan menjadikan Anda nilai tambah oleh orang yang memperhatikan Anda.

2) Positive
Walaupun gagal meraih tujuan atau target, orang yang percaya diri tidak mudah menyerah karena mereka dapat berpikir positif terhadap segala sesuatu yang mereka hadapi. Gagal tidak membuat mereka menyalahkan diri sendiri dan menyerah karena mereka yakin akan kemampuan yang mereka miliki. Hal tersebut membuat mereka mampu bangkit lebih cepat dibandingkan orang yang tidak percaya diri ketika mengalami kegagalan.

3) Passionate
Seseorang yang percaya diri akan lebih passionate dalam bidang pekerjaannya, serta cenderung lebih memiliki inisiatif, entusias, serta bersemangat dan giat terhadap apa yang menjadi tujuan mereka selanjutnya. Ini bisa menjadi bahan bakar untuk menghadapi target atau tujuan yang akan dicapai saat ini maupun masa depan. Anda merasa bangga dengan hasil yang pernah diraih, dan berharap bisa kembali mendapatkan pencapaian di kesempatan selanjutnya.

4) Persuasive
Dalam dunia kerja, kemampuan persuasif sangat diperlukan untuk meyakinkan orang lain supaya melakukan suatu tindakan atau mengubah sudut pandangnya. Mulai bangun kepercayaan diri Anda saat berkomunikasi dengan orang lain. Tatap matanya dan hindari gerak-gerik yang terlihat kurang percaya diri, seperti mengusap hidung, mengalihkan pandangan mata, dan lain-lain. Pasalnya, lawan bicara Anda juga pasti tidak akan percaya jika Anda sendiri tidak yakin terhadap apa yang Anda bicarakan.

5) People Influence
Memiliki kepercayaan diri dapat membuat Anda merasa bebas untuk melakukan apapun karena menjadi diri sendiri. Menjadi bebas sebagai diri sendiri akan membuat Anda memancarkan banyak energi positif yang dapat menginspirasi orang lain. Influencing juga menjadi salah satu keahlian yang perlu dimiliki oleh pemimpin bisnis agar dapat bernegosiasi dengan baik.

6) Problem-solver
Memiliki skill pemecahan masalah sangat penting, baik untuk kehidupan personal maupun profesional. Saat bekerja, memecahkan masalah juga akan terus kamu lakukan secara konstan. Sehingga, menjadi pemecah masalah yang penuh percaya diri sangatlah penting untuk kesuksesan dalam berkarier. Kepercayaan diri tersebut dapat berasal dari memiliki proses yang baik dalam memahami masalah. Dengan hal itu kamu bisa memecahkan masalah dengan cepat dan efektif. Sebaliknya, tanpa rasa percaya diri, solusi yang kamu berikan bisa saja tidak efektif atau kamu akan stuck dan tidak melakukan apapun

7) Performance
Rasa percaya diri akan mampu membuat performa kinerja anda lebih baik serta mampu melakukan pengambilan keputusan, dengan performa kinerja yang baik maka semakin banyak pula hal yang mampu anda achieve, hal tsb akan memunculkan nilai tambah dalam organisasi Anda juga

8) Promotions
Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Personality and Social Psychology mengungkap bagaimana orang yang percaya diri lebih mudah mendapatkan promosi jabatan di kantor, sedikit berbohong atau berlagak pintar namun disukai teman-temannya.

“Pintar saja tidak cukup untuk meyakinkan seseorang. Butuh sedikit wawasan dan percaya diri. Mungkin karena orang pintar juga cenderung sombong dan bertindak lebih pintar jadi dia kurang populer,” ungkap peneliti

9) Progression
Memiliki semangat dan keinginan yang kuat untuk selalu berubah ke arah yang lebih baik merupakan salah satu hal yang dimiliki orang memilki kepercayaan diri yang kuat. Karena ia berpikir dalam berproses, pastinya membutuhkan banyak waktu yang harus dilalui dan tentunya tidak mudah

10) Potential
Dengan tingkat kepercayaan diri yang tinggi pada seseorang maka otomatis akan membuat dirinya lebih memahami beragam potensi dalam hidupnya. Sehingga ia akan sangat efektif dalam memanfaatkan ragam potensi tersebut untuk mencapai sebuah impian atau tujuannya.

Namun, ada beberapa hal juga yang menahan rasa percaya diri itu untuk muncul, sehingga dampaknya akan mengurangi level kepercayaan diri kita

1. Self-doubt atau meragukan diri sendiri
Tidak percaya diri dengan ide ide kita, opini kita sendiri, merasa tidak bisa melakukan sesuatu karena terlalu banyak khawatir mengenai “what if…”

“Bagaimana jika hal ini terjadi?”

“Bagaimana jika yang saya lakukan salah?”

“Bagimana jika……”

Kuncinya adalah fokuslah terhadap hal yang ingin Anda kembangkan

2. Scarcity mindset
Merasa tidak pernah cukup puas, enggan berbagi cerita tentang apa yang sedang dialami dan kontribusi yang telah dilakukan. Sangat takut untuk membuat kesalahan karena selalu berpikir bahwa rekan kerja kita semuanya adalah superior dan lebih pintar. Namun jika Anda selalu menjiwai apa yang Anda kerjakan dan semuanya berasal dari hati, maka Anda akan menjadi seorang yang lebih authentic.

3. Scared
Takut dalam mengambil keputusan, merasa insecure, takut akan penolakan, menunda nunda pekerjaan. Ketika rasa itu muncul, tanyakan mengapa Anda ingin perubahan dalam hidup Anda, mengapa Anda merasa ini penting? Munculkanlah WHY dalam diri Anda agar rasa WHY tersebut lebih besar daripada rasa takut. Namun saat Anda merasa butuh dampingan dari seorang Career Coach Anda dapat menghubungi kami di sinergiagroup.id/admin ya..

Related Article

Anda dapat LANGSUNG BERTANYA pada tim kami untuk informasi PRODUK KAMI lebih lanjut.


KLIK untuk terhubung.

>